Sabtu, 08 Desember 2012

Satelit Intip Pendaratan Robot Curiosity

 Satelit Intip Pendaratan Robot Curiosity 


Pendaratan robot Curiosity di kawah Gale, Mars, pada Senin (6/8/2012) ternyata diintip oleh satelit milik Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) lainnya yang juga mengorbit planet merah itu.
Satelit yang mengintip pendaratan Curiosity adalah Mars Reconaissance Orbitter (MRO), yang sudah mengelilingi Mars sejak tahun 2006. MRO mengintip Curiosity sejak wahana antariksa tersebut mulai memasuki masa “tujuh menit teror”.
Satelit MRO mengabadikan pendaratan Curiosity dengan kamera beresolusi tinggi HiRISE yang dimiliki. Foto diambil satu menit sebelum Curiosity mendarat, saat robot beroda enam itu masih “tergantung” di kabel nilon dan parasut supersonik.
“HiRISE sudah menjepret lebih dari 120 gambar kawah Gale sebagai bagian dari seleksi dan karakterisasi pendaratan yang tepat, tapi saya pikir ini yang paling keren,” kata Sarah Milkovich, anggota investigasi HiRISE di Jet Propulsion Laboratory, Pasadena, seperti dikutip Space, Senin.
Milkovich menuturkan, butuh persiapan sejak Maret untuk memastikan MRO bisa memotret Curiosity saat mendarat. Komando lewat komputer baru diberikan beberapa hari lalu. MRO akhirnya memotret dari jarak 340 km dari Curiosity.
Adapun Curiosity berhasil mengirimkan gambar setelah pendaratan berupa bayangan dirinya di permukaan Mars. Robot berbiaya 2,5 juta dollar AS tersebut diharapkan dapat membantu meneliti molekul kehidupan di Mars, dan kemungkinan bagi manusia untuk mendarat di sana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar