Jumat, 07 Desember 2012

Korea Utara Siap Luncurkan Roket Jarak Jauh

Korea Utara Siap Luncurkan Roket Jarak Jauh 


Korea Utara akan meluncurkan sebuah roket jarak jauh diantara tanggal 10 dan 22 Desember.
Berita ini dirilis oleh kantor berita negara Korea Utara, KCNA.
Dalam pemberitaan itu disebutkan peluncuran roket jarak jauh ditujukan untuk meluncurkan sebuah satelit.
Ini merupakan peluncuran roket terbaru setelah peluncuran April lalu gagal dan dianggap melanggar larangan PBB terkait uji balistik Korea Utara.
Saat itu AS, Jepang dan Korea Selatan mengatakan roket hanya terbang sebentar sebelum akhirnya pecah dan jatuh di perairan dekat semenanjung Korea.
Pengumuman ini sepertinya akan meningkatkan tensi dengan negara-negara tetangga, apalagi peluncuran berdekatan dengan pemilihan presiden Korea Selatan yang dijadwalkan berlangsung 19 Desember.
‘Tujuan damai’
Belajar dari kegagalan April silam, kantor berita KCNA melaporkan bahwa ilmuwan dan teknisi di Komite Teknologi Ruang Angkasa Korea Utara sekarang telah ”menganalisa kesalahan.”
Roket ini disebut memiliki varietas yang sama dengan Unha-3 yang diluncurkan April lalu. Dan akan diluncurkan di kawasan ”selatan” kata KCNA, yang mengisyaratkan roket akan mengarah ke Laut Cina Timur.
“Unha” dalam bahasa Korea berarti ”galaksi”, adalah nama yang diberikan oleh Korea Utara untuk peluncur rudal Taepodong-2, yang diperkirakan bisa mencapai jarak 2.200km. Rudal tersebut sejauh ini belum pernah sukses dalam uji coba.
Spekulasi terbaru mengindikasikan bahwa Korea Utara akan mencoba peluncuran lainnya dalam waktu dekat, dan hal ini telah diperingati oleh Dewan Keamanan PBB.
Pernyataan yang dikeluarkan Sabtu (01/12/12) bersikeras menyebut peluncuran ke empat ini untuk ”tujuan damai”.
Uji coba ini merupakan peluncuran kedua di bawah kepemimpinan Kim Jong-un, yang berkuasa setelah kematian ayahnya Kim Jong-il hampir setahun lalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar