Minggu, 18 November 2012


Pesawat Tanpa Awak BPPT Secanggih Buatan AS

Catur Nugroho Saputra - Okezone
Kamis, 11 Oktober 2012 13:02 wib

Foto: Catur N/okezone
Foto: Catur N/okezone
JAKARTA - Pesawat Unimaned Aerial Vechile (UAV) atau Pesawat Udara Nir Awak (PUNA) buatan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), ternyata memiliki banyak fungsi.

Menteri Pertahanan (Menhan) Purnomo Yusgiantoro menuturkan, PUNA bisa difungsikan tergantung berdasarkan siapa yang menggunakan. Kegunaan PUNA dalam perang dapat digunakan sebagai pesawat Kamikaze atau pesawat bunuh diri yang ditabrakkan ke kapal perang, seperti ketika Jepang menyerang pangkalan Amerika Serikat di Pearl Harbour.

"Kamikaze pesawat Jepang dengan awaknya dengan menabrakkan diri ke kapal perang, dengan PUNA kita bisa melakukan Kamikaze tanpa menimbulkan korban jiwa dari pihak kita," kata Purnomo kepada wartawan, di Base Ops Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (11/10/2012).

Menurutnya, selain sebagai pesawat Kamikaze, PUNA dapat digunakan sebagai pesawat target, seperti apa yang dilakukan oleh pesawat Amerika Serikat ketika menyerang Irak.

"Pesawat tanpa awak Amerika diterbangkan menjadi target persenjataan anti kapal Irak dan di belakangnya pesawat bombing yang langsung mengebom Irak," imbuhnya.

Selain kegunaan dalam perang, kata dia, PUNA dapat juga digunakan sebagai pesawat pembuat hujan buatan, pemetaan lokasi, dan mengatasi kebakaran di hutan.

"Kegunaan PUNA sangat banyak dan dapat menjangkau daerah yang tida

Tidak ada komentar:

Posting Komentar