Jumat, 21 September 2012

Pesawat Tanpa Awak, Alat Teror AS

















Seorang dosen Amerika Serikat, Stephan Sonnenberg menilai operasi pesawat tanpa awak AS sebagai alat teror dan faktor meluasnya ketakutan dan kebencian di Pakistan. Dia mengatakan, Presiden Barack Obama harus bersikap transparan dan menjelaskan standar operasi itu.

Dosen di Stanford University California ini dalam wawancara dengan koran Frankfurter Allgemeine, menuturkan serangan pesawat tanpa awak Amerika terhadap Taliban dan Al Qaeda dalam jangka panjang akan membahayakan keamanan Barat.

"Warga di kawasan adat di dekat perbatasan Afghanistan menjadi sasaran teror oleh pesawat tanpa awak dan mereka nantinya akan berubah menjadi radikal," tambahnya seperti dikutip Mehrnews.

Seraya menyinggung sejumlah kritik terhadap pengoperasin pesawat tanpa awak Amerika, Sonnenberg menjelaskan pada Juni 2004 saja lebih dari ratusan warga sipil di Pakistan tewas akibat serangan pesawat tanpa awak.

"Menurut kajian yang kami lakukan, 881 warga sipil di Pakistan tewas sepanjang masa itu," ujarnya.

Sonnenberg lebih lanjut menandaskan, kehidupan sehari-hari warga pastinya terpengaruh karena rasa takut dari jet tempur tersebut. Warga adat Pakistan mengetahui bahwa bahaya senantiasa mengancam mereka. Ditambahkannya, mereka tidak lagi punya keberanian untuk pergi ke pasar atau mengirim anak-anak mereka ke sek

Tidak ada komentar:

Posting Komentar